Penyelarasan dan Pengembangan Karir

Penyelarasan dan Pengembangan Karir

Metode: Bimbingan Pengembangan Karir bagi Dokter Baru dilaksanakan Fakultas Kedokteran sebanyak 4 kali dalam setahun. Pelaksanaan : Kegiatan ini dilaksanakan setelah Dokter Baru telah serta lulus uji UKMPPD dan menunggu Sumpah Dokter Internsip. Bimbingan Karir ini melibatkan Ikatan Alumni FK Usakti yang memberikan penjelasan dan peranan ikatan alumni FK Usakti, Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta yang memberikan penjelasan tentang program Intersip, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kementrian Kesehatan RI yang menjelaskan peran dokter di masyarakat termasuk progam PTT, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Jakarta Barat yang memberikan penjelasan tentang IDI dan aspek legal Dokter, dan Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan Kementerian Pertahanan RI yang memberikan penjelasan karir dokter di TNI. Pada TS yaitu  tanggal 20 & 24 Juli 2018, 24 Oktber 2018,  29 Januari 2019, 25 April 2019, dan 16 Juli 2019.

Sebagai contoh, pada tanggal 16 Juli 2019 di Auditorium lantai 2 gedung Ki Hadjar Dewantara Kampus B Usakti dilakukan bimbingan karir bagi dokter baru lulusan FK Usakti yang akan diambil sumpah dokter angkatan XLIX periode III tahun 2019.
Bimbingan karir di berikan oleh:

Materi 1
Dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Jakarta Barat.
materi : Penjelasan tentang IDI dan aspek legal Dokter”
oleh  DR. dr. Dollar SH., MH., MM.

Materi 2
Direktur Kesehatan Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan Kementrian Pertahanan Republik Indonesia (KEMENHAM). Materi : ” Karir Dokter di TNI “
Oleh: Laksamana Pertama dr. Arie Zakaria SpOT., SpKL., FICS.

Materi 3
Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) KEMENKES
Materi : ” Peran Dokter di Masyarakat “
Oleh : DR. dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb SpKK.

Materi 4
Ikatan Alumni FK Usakti
Materi : ” Penjelasan dan Peranan Ikatan Alumni FK Usakti “
Oleh : dr. Gunawan Arifin SpJP, FIHA.

Materi 5
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta
Materi : ” Penjelasan Tentang Program Internsip “
Oleh : dr. Roy Okta Maradona

Dilaksanakannya program ini secara rutin dapat memberikan bekal yang cukup untuk pengembangan karir para alumni.