Ikatan Alumni FK Usakti (IKA FKUsakti)

Ikatan Alumni FK Usakti (IKA FKUsakti)

Ikatan Alumni FK Usakti (IKAFKUsakti)
Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti memiliki Himpunan Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKA-USAKTI). Didirikan pada tanggal 18 Januari 1985, kemudian pada tanggal 7 Juli 1996 bersama dengan Sekolah Tinggi dan Akademi Trisakti dilebur menjadi Ikatan Alumni Trisakti atau disebut IKASAKTI. Pada pertemuan “sekapur sirih” Alumni Universitas Trisaktitanggal 12 Agustus 2003, dipandang perlu adanya organisasi khusus tempat bernaungnya Alumni Universitas Trisakti. Selanjutnya pada MUNAS yang pertama kali diadakan oleh Alumni Universitas Trisakti pada tanggal 26 – 27 November 2004, terbentuklah kembali Ikatan Alumni Universitas (IKA-Usakti), yang diharapkan dapat menghimpun seluruh alumni Universitas Trisakti untuk mewujudkan cita-cita sesuai dengan Anggaran Dasar. IKA-Usakti berkedudukan di Jakarta, berasaskan Pancasila dan berlandaskan Undang- Undang Dasar 1945, bersifat kekeluargaan yang professional, serta berorientasi kepada almamater dan masyarakatnya.IKA-USAKTI bertujuan untuk:
  1. Mengabdikan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, memajukan Ilmu dan Pengetahuan, mengamalkan Pancasila, bernegara dan bermasyarakat.
  2. Berperan aktif dan bertanggung jawab dalam pembinaan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia menuju terwujudnya cita-cita Pembangunan Nasional Indonesia.
  3. Mempertahankan, memelihara, dan menjunjung tinggi Lembaga Pendidikan UniversitasTrisakti sesuai dengan visi dan misi Universitas Trisakti.
  4. Berperan dalam pembinaan/pengembangan almamater dan masyarakat, serta memperjuangkan kepentingan anggotanya.
  5. Memperjuangkan kepentingan dan kemajuan para anggotanya, terutama untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu serta keahlianya agar dapat memanfaatkan sebesar-besarnya bagi masyarakat, Bangsa dan Negara pada khususnya serta umat manusia pada umumnya.
Untuk mencapai tujuan, “IKA-USAKTI” berusaha membantu anggotanya dalam mengamalkan dan mengembangkan karya-karya ilmiah untuk para anggota khususnya serta masyarakat dan bangsa pada umumnya dengan cara :
  1. Menyampaikan saran-saran dan pikiran-pikiran untuk menunjang pembangunan nasional, berdasarkan hasil kajian, seminar, dan pertemuan ilmiah lainnya.
  2. Menumbuh-kembangkan ilmu pengetahuan, tehnologi dan kesenian demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Indonesia.
  3. Meningkatkan komunikasi diantara para anggota melalui media komunikasi dan pertemuan berkala.
  4. Mempersatukan dan memperdalam rasa tanggung jawab sosial para  alumni Universitas Trisakti terhadap pengembangan visi-misi Universitas Trisakti
  5. Menyelenggarakan dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan lembaga / instansi yang selaras tujuannya didalam maupun di luar negeri
  6. Melakukan usaha-usaha lain yang sah untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi.
Ada beberapa aktivitas dan hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan program studi dalam hal:
  1. Perbaikan proses pembelajaran
Laporan rangkuman eksekutif dari tracer study telah disampaikan saran dan masukan dari para alumni terkait perbaikan proses pembelajaran (akademik) maupun nonakademik. Misalnya sejak pendidikan sarjana kedokteran dan pendidikan profesi mahasiswa telah diberikan materi ketrampilan klinik dasar yang bertujuan agar lulusan memiliki ketrampilan yang baik. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen juga di tingkatkan. Perbaikan sarana kemahasiswaan seperti pengadaan ruangan khusus Student Hall untuk organisasi kemahasiswaan beraktifitas.Pembekalan Program Kreativitas Mahasiswa dengan melibatkan Dosen-Dosen Pembimbing untuk melakukan pembuatan proposal dan penelitian. Pembentukan Tim Adhoc untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Program Kemahasiswaan. Pada Rapat kerja FK Trisakti 5-7 Juli 2019 yang dihadiri oleh Pimpinan FK dan wakil dosen juga dibahas mengenai Tracer Studi Alumni yang dipresentasikan oleh wakil dekan 3
  1. Penggalangan dana
Kegiatan penggalangan dana belum dilakukan secara resmi namun pemberian dana oleh alumni pernah dilakukan untuk kegiatan bencana alam. Sumbangan dari Alumni diberikan melalui Fakultas pada kegiatan Trisakti peduli gempa Lombok pada tanggal 22-28 Agustus 2018. Seumbangan uang sebesar 3,6 juta rupiah dari alumni, diserahkan ke Tim Bantuan Medis Trisakti (TBMT) untuk diserahkan kepada korban bencana alam
  1. Informasi pekerjaan
Dalam situs tracer study ditampilkan berbagai informasi terkait pengembangan karir dari berbagai pengguna.Lowongan pekerjaan diberitahukan oleh Fakultas kepada Alumni dengan ditempel di lembar pengumuman alumni, juga digrup media social dari masing masing Angkatan
  1. Membangun jejaring
Dengan tracer study terlacak alumni yang bekerja di daerah atau perusahaan, dan dilibatkan sebagai contact person dalam ikatan alumni untuk pengembangan karir atau pendidikan alumni. Alumni yang bekerja memberikan lowongan pekerjaan kepada fakultas dan pengembangan karir bagi alumni. Alumni juga membuat grup media sosial agar dapat meningkatkan jejaring baik untuk Pendidikan maupun untuk pekerjaan.

Gambar Pertemuan dengan alumni di FK Trisakti

Ruangan Ikatan Alumni FK Trisakti di Universitas Trisakti

Acara Sumpah dokter dihadiri oleh Ketua Alumni FK Trisakti

WEBINAR Sesi 1 “DOKTER INDONESIA DI KANCAH INTERNASIONAL: SUDAH SIAPKAH?”

Acara tersebut dibuka oleh Dekan FK Usakti Dr.dr. Raditya Ratsangka, SpOG(K), dilanjutkan dr. Rita Khairani, M.Kes., Sp.P., sebagai ketua pelaksana dan di hadiri oleh dosen, mahasiswa, alumni dan peserta di luar FK Usakti sebanyak 287 orang.
Webminar sesi 1 ini menghadirkan alumni yang melanjutkan sekolah dan berpraktek di Amerika Serikat yaitu :
1.       Yulianty Dwi Kusuma, MD, FACP
Alumni FK Usakti angkatan 1992 yang melanjutkan studi sebagai dokter ahli penyakit dalam dan berpraktek di Savannah, Georgia
2.       Bonny Octarima Ridhanty Bautista, MD, MS
Alumni FK Usakti angkatan 1998 yang berpraktek di Florida
3.       dr. Nany Hairunnisa, MHSc,
Alumni FK Usakti angkatan 1992 yang melanjutkan master di Malaysia dan kandidat doctor dari Inggris
FK Usakti berbangga dengan para alumni yang telah membuktikan dirinya mampu bersaing dengan lulusan FK lainnya di seluruh dunia.
Semoga webminar ini membawa pencerahan dan memberikan motivasi bagi para alumni dan mahasiswa kedokteran lainnya untuk dapat berkembang dan berkarir di kancah internasional.
Webminar sesi 2 akan diadakan pada hari Sabtu 22 Agustus 2020 jam 15.00-17.00 menghadirkan pembicara alumni dari Jerma dan Korea dengan moderator dari Amerika Serikat
Berita dari FK Usakti.

WEBINAR Sesi 2 “DOKTER INDONESIA DI KANCAH INTERNASIONAL: SUDAH SIAPKAH?”

Pada hari Sabtu, 22 Agustus 2020 Continuing Medical Education Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti mengadakan webinar sesi 2 dengan tema “DOKTER INDONESIA DI KANCAH INTERNASIONAL: SUDAH SIAPKAH?”

Webinar sesi 2 dengan tema “DOKTER INDONESIA DI KANCAH INTERNASIONAL: SUDAH SIAPKAH?” yang diadakan secara daring melalui Zoom dan live streaming di Youtube pada pukul 15.30 WIB.
Dalam acara ini terdapat 2 narasumber dan 1 moderator yang juga alumni Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti yaitu:
1. dr. Fithri Indraswari, MD, MSc,  alumni FK Usakti angkatan 1995. University of Edinburg, Scotland, UK; Universitätsklinikum of Mannheim
2. dr Erica Kholinne, MD, Ph.D, alumni FK Usakti angkatan 2001; Bedah Ortopedi, RSCM, FKUI 2015; Dept. of Orthopedic Surgery, Asan Medical Center, Seul, South Korea
3. dr Hunied Kautsar, MD, alumni FKUsakti angkatan 2010 ; John Hopkins Bloomberg, School Public Health, USA. sebagai moderator.
Acara tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti Dr.dr. Raditya Wratsangka, SpOG(K), dilanjutkan  ketua pelaksana dr. Rita Khairani, M.Kes., Sp.P.
Pada webminar ini narasumber memberikan ilmu dan menceritakan pengalaman bagaimana tahapan yang harus dilalui untuk sukses pada study lanjut atau saat bekerja di luar negeri.
Narasumber juga memotivasi peserta yang sebagian besar mahasiswa agar dapat percaya diri dan mempunyai mimpi setinggi-tingginya.
Semoga dengan selesainya webminar ini dapat memotivasi alumni dan mahasiswa kedokteran supaya lebih percaya diri untuk meningkatkan kemampuan dan berkompetisi di kancah internasional.

Serah Terima Sumbangan dari Ikatan Alumni FK Usakti kepada Tim Satgas Covid 19 FK Usakti

Pada hari Kamis tanggal 5 November 2020 di Kampus B Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti telah dilakukan serah terima sumbangan dari Ikatan Alumni FK Usakti kepada Tim Satgas Covid 19 FK Usakti berupa APD baju hazmat coverall sebanyak 41 buah dan masker surgical sebanyak 150 buah.
Mewakili IKA FK Usakti sumbangan  diberikan oleh Ketua Pembina IKA FK Usakti ex-officio dr. Tb. Ferdi Fadilah SpA MKes, disaksikan Asisten Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FK Usakti dr. Yudhisman Imran SpS, dan yang mewakili Tim Satgas FK Usakti diterima oleh dr. Alvin M.Ridwan SpOk dan dr Khrisnamurti M.Biomed.
Semoga sumbangan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi Tim Satgas FK Usakti.

Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti turut andil bersama menanggulangi wabah Covid-19
Bersama para donatur alumni dan non alumni mempersiapkan dan menyalurkan paket personal alat pelindung diri (APD) kepada yang membutuhkan. Bantuan telah didistribusikan berupa paket APD personal untuk Alumni-alumni yang membutuhkan di berbagai daerah.
Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan APD tenaga medis dan semoga Indonesia dapat segera terbebas dari pandemi Covid-19.