Email: fk@trisakti.ac.id
Phone: (021) 566-3232
Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia

Berita Trisakti

button-twitter.png button-facebook.png

Oleh:
Fajar Rahadian

Selasa, 16 Desember 2014 15:19
Dilihat: 1971 kali

Visitasi TAM PTKes di FK Usakti


Akreditasi bagi sebuah institusi pendidikan adalah hal yang utama. Standart mutu pengajaran, fasilitas pendukung, sarana prasarana, tenaga staf pengajar serta kualitas lulusan, menjadi faktor penilaian penting.
Saat ini lembaga yang dipercaya untuk menilai standart mutu di institusi pendidikan bidang kesehatan adalah TAM PTKes (Tim Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan). Pengakuan standart terbaik dari lembaga tersebut, bisa menjadi acuan penilaian bagi khalayak. Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (FK Usakti), sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia tidak luput dari penilaian TAM PTKes.

Kampus terbaik versi Majalah Tempo tahun 2014 ini, mendapatkan kunjungan penilaian dari TAM PTKes tanggal 1 - 4 Desember 2014. Sehingga pada tahun 2014 ini, menjadi pertaruhan bagi FK Usakti untuk mempertahankan keunggulannya dalam mencapai akreditasi yang terbaik. Akreditasi FK Usakti telah berakhir pada bulan April 2014 lalu, sehingga akreditasi terbaru dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja.

Visitasi tim TAM PTKes kepada FK Usakti, dipimpin oleh Prof.Dr.dr.Ambar Mudigdo, Sp.PA(K) dari UNS dengan membawa 2 anggota, dr. Yudha Nurhatari, SpF, PhD dari UGM dan Dr. dr. Juniastuti, M.Kes dari UNAIR. Pada hari pertama, dilakukan dengan menemui jajaran pimpinan FK Usakti untuk silaturahmi dan perkenalan. Dekan FK Usakti, dr.Suriptiastuti,DAP&E,MS memimpin langsung penerimaan dan penyambutan asesor TAM PTKes. Kemudian dilakukan pertemuan resmi untuk menyerahkan berkas-berkas mengenai FK Usakti yang dibutuhkan sebagai acuan penilaian asesor.

Pada hari berikutnya, asesor memulai kegiatannya dengan mendengarkan presentasi pimpinan FK Usakti mengenai kondisi akademik dan non akademik di FK Usakti. Sekaligus mengunjungi setiap bagian dan fasilitas penunjang di lingkungan FK Usakti. Seluruh ruang kuliah dan Laboratorium mulai lantai dasar sampai lantai tujuh tidak luput dari penilaian. Masjid, toilet, area aktifitas mahasiswa, kantin dan fasilitas internet juga menjadi perhatian serius.

Hari berikutnya, 3 Desember 2014. Giliran asesor mengunjungi Rumah Sakit Utama Pendidikan FK Usakti. Selama lebih dari 4 jam TAM PTKes melakukan kunjungan ke setiap bagian di RS TNI AL Dr.Mintohardjo. Ruang koasisten, ruang rawat, ruang pembimbing dan ruang diskusi mendapat kunjungan lebih intens.

Setelah memantau seluruh kelengkapan di FK Usakti, dan memberi penilaian sesuai dengan standart yang telah tetapkan. Maka seluruh civitas akademika FK Usakti tinggal menunggu hasil akhir dari TAM PTKes. Berharap memperoleh hasil yang maksimal dan membanggakan. Semoga...Amien