Email: fk@trisakti.ac.id
Phone: (021) 566-3232
Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia

Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan

button-twitter.png button-facebook.png

Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan

Pembinaan Mahasiswa

Pembinaan Kemahasiswaan

Sistem Kredit Prestasi Mahasiswa (SKPM)
Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti mengharapkan mahasiswa dapat seoptimal mungkin menggali pengalaman dari kegiatan kemahasiswaan. Agar jenis dan jumlah kegiatan mahasiswa menjadi terukur, terarah, dan merata maka dibuatlah Sistem Kredit Prestasi Mahasiswa (SKPM). Sistem Kredit Prestasi Mahasiswa ini merupakan sistem penghargaan terhadap mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti atas partisipasinya dalam kegiatan ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler. Pemberlakuan Sistem Kredit Prestasi Mahasiswa ini diperlukan pedoman pelaksanaan Sistem Kredit Prestasi Mahasiswa yang mengatur kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan kemampuan softskills tersebut.

Tujuan pedoman pelaksanaan ini antara lain untuk :
(1). Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan
(2). Meningkatkan kemampuan softskills mahasiswa
(3). Memberi panduan dalam melakukan kegiatan ekstrakurikuler dan ko-kurikuler
(4). Memberi panduan dalam penilaian kegiatan ekstrakurikuler dan ko-kurikuler
(5). Menetapkan besaran satuan kredit prestasi (SKP) bagi setiap kegiatan mahasiswa
(6). Memberikan pengakuan dan atau penghargaan terhadap aktivitas prestasi
(7). Mengetahui semua aktivitas yang pernah diikuti dan semua prestasi yang pernah diperoleh setiap mahasiswa selama menempuh Pendidikan
(8). Menyediakan dokumen yang disertai bukti-bukti otentik tentang segala aktivitas dan semua prestasi yang penting bagi penerima lulusan ketika memasuki dunia kerja.

 
  • SKPM FK Trisakti sudah mendapat hak kekayaan intelektual
 

Regulasi-regulasi Kemahasiswaan
Regulasi bidang kemahasiswaan merupakan peraturan Rektor/Direktur/ketua Lembaga yang mencakup tentang:
!. Hak dan kewajiban mahasiswa
2. Kode etik mahasiswa
3. Prosedur layanan kemahasiswaan
4. Pembinaan organisasi/kegiatan mahasiswaan
5. Surat keputusan pengangkatan Pembina kemahasiswaan
6. Lembaga/unit/tim penegakkan norma kemahasiswaan
7. kebijakanpencegahan kekerasan seksual dan Perundungan (Bullying)
8. Kebijakan kampus sehat dan atau green campus


      
  • Deklarasi kampanya anti bullying
 
  • Banner mengenai tata tertib mahasiswa
     
  • Banner mengenai Etika mengirimkan pesan kepada dosen

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)
Sehubungan dengan penerimaan mahasiswa baru Universitas Trisakti Tahun Akademik 2019/2020, Fakultas kedokteran Usakti mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Trisakti Tahun Akademik 2019/2020 tetap mengacu pada surat Keputusan Rektor Universitas Trisakti nomor 37/USAKTI/SKR/VIII/2007 dan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor: 413/B/SE/VII/2018 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)
Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di tingkat Fakultas dilaksanakan setelah kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat Universitas yang akan diadakan pada hari Minggu, 18 Agustus 2019 di Kampus A Universitas Trisakti. Untuk hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan PKKMB tingkat Universitas akan disampaikan kemudian.
Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat Fakultas Tahun akademik 2019/2020 dilaksanakan di masing-masing  Fakultas (termasuk Jurusan/ Program Studi) di lingkungan Kampus Universitas Trisakti selama 2 (dua) hari dan langsung dibawah tanggung jawab Dekan beserta unsur Pimpinan Fakultas, dengan memperhatikan jadwal kegiatan Akademik dan /atau Non Akademik Fakultas, didahului pertemuan Pimpinan fakultas dengan Orang tua Mahasiswa Baru dan kegiatan pendukung akademik lainnya, pembiayaan secara efektif dan efisien dibebankan pada Mata Anggaran masing-masing Fakultas, materi Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat Fakultas Tahun Akademik 2019/2020 ditetapkan oleh Pimpinan Fakultas berdasarkan kebutuhan Akademik/Program studi dengan materi tambahan sebagai berikut :
  1. Introduction Course (Pengenalan Perpustakaan untuk Mahasiswa Baru);
  2. Trikrama Trisakti, Tata Tertib Kampus, Kode Etik Mahasiswa (oleh Bidang Kemahasiswaan Universitas/Fakultas);
  3. Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba (oleh Tim TPPN-Usakti);
  4. Organisasi Mahasiswa (oleh Ketua Parlemen/BEM Fakultas/Himpunan);
  5. Pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (berkoordinasi dengan Ketua Dewan Koordinasi UKM dan / atau Biro.Adm, Kemahasiswaan).
 
Atribut yang digunakan oleh Mahasiswa Baru pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat Fakultas, meliputi pakaian Kemeja warna putih, celana panjang/ rok warna Hitam dan bagi yang berhijab agar dapat menyesuaikan, name tag dada berukuran standar (± 8 x 5 cm), berisi Nama; Fakultas dan Program Studi, rambut dipotong pendek dan rapih, sepatu sekolah dan kaos kaki warna hitam, tas umum untuk membawa keperluan pribadi seperti makanan/minuman, obat-obatan, dan lain-lain, tidak diperkenankan menggunakan atribut selain yang diatur di atas.
 
Pihak Fakultas/Program studi agar melibatkan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) di lingkup Fakultas masing-masing dalam kepanitiaan dan pelaksanaan kegiatan PKKMB tingkat Fakultas. Kepada Dekan Fakultas beserta seluruh Jajaran Pimpinan, Dosen dan Karyawan Fakultas/ Jurusan/ Program Studi agar mencegah, melarang dan menindak tegas segala bentuk kegiatan/ perbuatan yang melanggar peraturan kemahasiswaan yang berlaku di Universitas Trisakti, baik yang dilakukan oleh Mahasiswa Baru maupun Mahasiswa Senior dengan memberikan sanksi tegas sesuai pelanggaran yang dilakukan. Untuk keperluan tersebut dapat dibentuk Tim Monitoring yang ditetapkan oleh Dekan Fakultas.
Kegiatan Mahasiswa baru tA. 2019/2020 dalam 1 (satu) Tahun Pertama harus lebih mengutamakan kegiatan akademik (kurikuler) dan bimbingan profesi, agar Mahasiswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tuntutan akademik, sehingga tidak mengalami kegagalan dalam studinya. Hal-hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat Fakultas Tahun Akademik 2019/2020 agar dilaporkan dan berkoordinasi lebih lanjut dengan Tim Monitoring PKKMB tingkat Universitas yang dipimpin oleh Wakil Rektor III.


          

     

     

     



Character Building (CB)
Pada dasarnya visi dan misi Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti  telah memberikan  penegasan  secara  konsisten  untuk  melaksanakan  pengembangan  pendidikan karakter bagi mahasiswa melalui berbagai kegiatan akademik maupun nonakademik, baik ditingkat program studi, fakultas maupun universitas. Sebagai  upaya pengembangan karakterditunjukkan      dengan program-program dan kebijakan yang              tertuang  dalam Renstra Renop Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti pada pembentukan karakter mahasiswa.
Kegiatan pendidikan karakter ini akan menjadi salah satu perangkat untuk mewujudkan TRIKRAMA mahasiswa  yang cerdas dan berkarakter TAKWA-TEKUN-TERAMPIL, ASAH-ASIH-ASUH, SATRIA-SETIA-SPORTIF, demi mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tema kekhususan untuk mahasiswa angkatan 2018 adalah “Mengenali Potensi Diri dan Menjadi Sukses Dalam Bidang Akademik dan Non-Akademik, Serta Membangun Kepedulian dan Rasa Hormat Untuk Kerja Sama Selaras Antar Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti”.
Maksud dan Tujuan Program Pembinaan Character Building ini adalah Membangun   hubungan   berdasarkan pribadi dan pengalaman, bukan  peran  yang dibawakannya.
  1. Menciptakan kesempatan bagi setiap individu untuk didengarkan.
  2. Memberikan kesempatan bagi setiap individu untuk bermimpi dan berbagi impian.
  3. Menciptakan lingkungan tempat setiap individu dapat memilih cara dalam memberikan kontribusi.
  4. Memberikan keleluasaan dan dukungan untuk bertindak.
  5. Mendorong dan memungkinkan individu bersikap positif.
 
Hasil yang Diharapkan
Menghasilkan mahasiswa kedokteran yang memiliki karakter takwa-tekun-terampil, asah-asih-asuh, satria-setia-sportif dengan menciptakan lingkungan tempat setiap individu untuk memberikan kontribusi. Kegiatan orientasi yang dilakukan diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai situasi perkuliahan dan ketrampilan belajar yang diperlukan untuk keberhasilan studi. Fakultas dalam upayanya membekali mahasiswa ketrampilan untuk berhasil melaksanakan kegiatan orientasi yang seyogyanya berisikan softskills dan juga pengembangan karakter mahasiswa.


 
  • Kegiatan-kegiatan Sosial Mahasiswa
         
  • SKI Asy-Syifa Kunjungan Panti Asuhan Yayasan Yatim Piatu Pada 20 Juli 2019
  • Kunjungan ke Panti Asuhan Oleh SKI Asy-Syifa
          
  • DIVSUS Senapati Aracana mengadakan buka bersama dan kunjungan ke panti asuhan  (charity dan baksos, rangkaian kegiatan Roedjak Tjingoer)
  • Kegiatan Bakti Sosial  Satgas berupa Sunatan Masal tanggal 17- 20 Oktober 2018
          
  • Kegiatan Bakti sosial oleh Dharmasenna FK Usakti